Pertanian Organik

Pertanian organik merupakan pertanian yang menggunakan bahan organik untuk memproduksi hasil pertanian. Dengan menggunakan bahan organik tentu saja membuat hidup lebih sehat. Sekarang ini di negara eropa sudah meninggalkan pertanian kimia. Pertanian kimia ini membuat berbagai macam permasalahan. Terutama permasalahan kesehatan dan kerusakan lingkungan.
                    Flickr.com
Berbagai penyakit yang sering timbul dengan bahan kimia tersebut. Banyak penyakit aneh yang timbul akibat bahan kimia. Terjadinya alergi, penyakit dalam dan lain-lain.

Banyak bahan organik bisa kita jadikan pupuk organik. Seperti sisa-sisa sampah rumah tangga, sisa makanan manis, dan lain-lain. Disamping itu pestisida organik juga banyak tersedia, bahan-bahan juga melimpah ruah. Bahan-bahan seperti rempah, daunan di hutan banyak bertebaran. Tinggal bagaimana cara kita memilih bahan organik yang cocok untuk kita jadikan pestisida dan pupuk. 

Bahan organik tersebut memiliki banyak manfaat. Disamping memberikan kesuburan tanaman, juga aman untuk kita konsumsi. Dan biaya untuk menggunakannya juga tidak tinggi. Bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah dan lain-lain juga gampang diperoleh. 

Harapan kita adalah bagaimana kita mengkampanyekan pertanian organik ini. Sebab tanpa memberi pemahaman yang jelas maka susah untuk merubah pola pikir para petani kita. Diperlukan adanya penyuluhan, pendekatan secara terus menerus. 

Harga pertanian organik jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertanian kimia pada umumnya. Jadi pertanian organik sangat potensial untuk dikembangkan karena nilai ekonomi tinggi. Dan begitu pula sangat disukai oleh negara-negara eropa. Baca juga: Jenis-jenis pestisida untuk memberantas pengganggu tanan

Mari kita kembangkan pertanian organik. 

Komentar

Postingan Populer