Jenis Kerusakan Pada Buah

Setelah buah dipanen maka akan terlihat kerusakan yang terjadi. Tentu saja kerusakan ini kalau tidak ditangani akan menurunkan kualitas. Turunnya kualitas berimbas kepada harga. Salah satu permasalahan petani kita sehingga susah bersaing dengan produk yang berasal dari luar adalah kualitas. Kualitas kita sangat rendah sekali. Jadi walaupun buah kita banyak tetapi sangat rendah harganya.

Hal ini diperparah lagi dengan kegemaran petani kita menggunakan bahan kimia untuk usaha taninya. Bahkan tidak tanggung-tanggung mereka menggunakan secara berlebihan. Tentu saja berbeda dengan orang luar negeri yang cendrung meninggalkan racun kimia. Jadi bertolak belakang dengan negara kita. Akibatnya barang yang diekspor ditolak diluar negeri.

Mari kita mengenal  lebih jauh tentang jenis-jenis ketusakan yang sering muncul pada buah kita.

A. Kerusakan fisik.

Setelah terjadi panen buah sebenarnya masih mengalami proses transpirasi. Transpirasi merupakan proses hilangnya air dari buah sengga terjadi kelayuan. Kelayuan yang tidak terkontrol menyebabkan rusaknya mutu.

Kerusakan fisik juga terjadi saat panen. Kurangnya pengetahuan dan cara panen yang tepat menyebabkan rusaknya fisik tanaman. Misalnya lecet pada saat panen. Kerusakan dimakan oleh burung, serangga, atau penyebab kerusakan lain yang bisa menyebabkan cacat.

B. Kerusakan Mutu

Kerusakan mutu terjadi bila sudah terjadi perubahan fisik maupun fisiologis. Fisik yaitu terjadinya goresan pada buah, atau dimakan setangga. Fisiologis yaitu terjadinya perubahan rasa misalnya dari manis menjadi kecut. Atau yang lain terjadi perubahan tekstur. Proses ini musti terjadi kalau tidak dilakukan pengolahan. Kunci dari pengolahan adalah memperlambat kerusakan. 

C. Kerusakan Gizi

Kerusakan yang paling sering terjadi pada buah adalah rusaknya vitamin A dan C. Hal ini terjadi seiring terjadinya perubahan fisik dan fisiologis. Misalnya terjadinya proses transpirasi, fermentasi, atau penyebab kerusakan lain karena terlalu lama disimpan. 

Itulah jenis-jenis kerusakan pada buah, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer