Bentuk-bentuk Daun Berdasarkan Tulang Daun

Hampir sebagian besar tumbuhan memiliki daun. Daun ini tumbuh diranting-ranting tumbuhan. Fungsi utama daun adalah sebagai tempat untuk terjadinya proses fotosintesis. Daun ini mengandung klorofil yang merupakan zat hijau daun.

Pada daun juga terdapat stomata atau mulut daun. Mulut daun mempunyai peranan untuk mengambil atau menyerap oksigen atau zat makanan lain yang diberikan kepada tanaman. Sebenarnya hampir semua bagian tanaman memiliki stomata, tetapi yang terbanyak didapatkan pada permukaan daun bagian bawah. 

Karena begitu pentingnya daun dalam kelanjutan kehidupan tumbuhan maka kami akan mengurai bentuk-bentuk daun berdasarkan tulang daun adalah sebagai berikut : 

A. Daun Menjari Atau Palninervis

Bentuk daun ini seperti jari-jari tangan manusia. Daun ini memiliki tulang daun yang besar untuk menopang daunnya sehingga tidak muda robek.  
 
                           Daun Singkong
Beberapa jenis tanaman yang memiliki daun menjari adalah sebagai berikut : daun pepaya, daun singkong, daun jarak, ketela pohon, kapas dan lain-lain. 

B. Daun menyirip 

Daun ini berbentuk seperti sirip ikan. Karena daun memiliki struktur tulang jenis menyirop. Keberadaan daun tersebut tersusun sangat rapi yang diawali dari tangkai belanjut hingga ujung dari helai daun. 
                             Daun sirsak
Beberapa contoh dari daun menyirip adalah daun mangga, daun jambu biji, daun nangka dan lain-lain. 

C. Daun Sejajar atau Rectinervis

Daun sejajar salah satu bentuk daun yang memiliki tulang daun seperti garis-garis sejajar. Garis yang dari pangkal menyatu sampai keujung. Pada bagian tengahnya ada tulang daun yang besar. Umumnya ujung daun dari daun sejajar ini meruncing.
                         Gb. Daun sejajar                  
Contoh dari tanaman ini adalahbdaun padi, tebuh, kelapa, dan sebagian besar rumput-rumputan. 

D. Jenis Daun Melengkung.

Jenis daun ini memiliki bentuk seperti garis yang melengkung. Disekitar kita banyak dijumpai tanaman seperti ini.
                           Gb. Daun waru
Beberapa contoh dari tanaman ini adalah daun gaduh, siri, keladi, daun genjer dan lain-lain.

Komentar

Postingan Populer