Pentingnya Pengolahan Buah

Sebagaimana kita ketahui bahwa buah adalah hasil pertanian yang mudah rusak. Apalagi saat panen hasil melimpah dan harga turun. Turunnya harga tersebut membuat kerugian pada petani. Untuk menyelamatkan harga dan kerusakan maka perlu adanya upaya untuk memperbaikinya. Kerusakan bisa menyebabkan menurunnya mutu. Mutu yang turun juga akan mempengaruhi harga. Baca juga : cara pengolahan buah dengan pengeringan

Secara umum hasil pertanian dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : 
  1. Sifatnya musiman, saat panen hasil melimpah, dengan melimpahnya buah tersebut maka petani akan rugi. Olehnya itu perlu adanya pengolahan sehingga bisa tahan lama. Karena sifatnya musiman ada saat produk banyak tetapi saat tertentu hasil minim. 
  2. Tumbuh didaerah spesifik misalnya langsat polmas, salak bali, duku palembang, rambutan binjai. Dengan spesifikasi tersebut menyebabkan harga berbeda-beda. Produk terkenal akan mahal sedangkan produk tidak terkenal akan rugi. Akibatnya akan mengalami kerugian.
  3. Tidak tahan lama, karena tidak tahan lama menyebabkan mudah busuk. Supaya tidak cepat busuk maka perlu penanganan khusus untuk nenanganinya.
  4. Pada saat produk buah banyak maka harga akan turun. Turunnya harga petani akan rugi, karena sudah terlanjur panen. Dari pada tidak lakumaka petani menjual dengan harga yang rendah.

Komentar

Postingan Populer