Kapok dan Manfaatnya

Tanaman kapok merupakan tanaman tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Kapok ini memiliki berbagai macam kegunaan.  Keginaan dibidang industri biasanya batang dibuat papan untuk dijadikan mal. Mal yaitu alat bantu yang digunakan pada saat pengecoran bangunan. Kapoknya biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan bantal dan kasur. Kapok juga bermanfaat untuk kesehatan.

Di Sulawesi Selatan tanaman kapok sudah tidak dibudidayakan lagi. Kapok boleh dikata sudah hampir punah. Dulu banyak ditanam sekitar rumah. Tetapi lama kelamaan satu persatu mulai ditebang karena ditakutkan tumbang. Sebab sebagaimana kita ketahui tanaman ini tidak kuat diterjang angin. 

Perajin-perajin bantal dan kasur dari kapok sudah kesulitan untuk mendapatkannya. Makanya tidak jarang dari mereka mendatangkan dari luar daerah.

Kapok termasuk tanaman tropis yang konon kabarnya berasal dari daratan sisi utara Amerika Selatan, Amerika tengah dan karabia.

Diantara manfaat kapok untuk kesehatan diantaranya batuk, mencret, tonik rambut, menghilangkan bau mulut, menghilangkan bekas luka dan obat sakit mata. 

Komentar

Postingan Populer