Jarak

Jarak merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh disembarang tempat. Penanaman jarak bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu vegetatif dan generatif. Secara vegetatif cuma dengan menancapkan tangkai atau batang maka tanaman ini sudah bisa tumbuh. Secara generatif dengan menanam bijinya yang sudah tua. Bentuk daun dari jarak yaitu menjari. Diameter daun  sekitar 10 -14 cm. Daunnya pada bagian atas licin. Batang bulat, licin, berongga dan berbuku-buku. Buah dari berbentuk bulat tumbuh dibagian tandang. 
Tumbuhan jarak memiliki banyak fungsi diantaranya mengobati sakit gigi. Dahulu ketika kecil getah yang ada pada tanaman jarak diambil kemudian ditetesi pada bagian gigi yang sakit. Biasa juga dipakai untuk memhobati bisul, caranya daunnya yang masih muda ditempelkan pada bagian luar bisul. 

Ada satu hal yang aneh bagi saya waktu kecil ketika saya masih dikampumg. Setiap ada anjing gila kita disuruh memegang tangkai daun jarak. Katanya tangkai daun jarak ditakuti oleh anjing gila. Tetapi entah itu benar atau tidak yang jelas itulah yang kita lakukan dikampung dahulu.

Sekarang kita belajar apa kandungan dari jarak itu? Biji dari jarak mengandung ricin. Dengan adanya kandungan itu tentu saja memiliki berbagai macam manfaat diantaranya seperti sebagian sudah disebutkan seperti obat sakit gigi, sariawan, sakit luka, keputihan pada mulut bayi, radang telinga dan masih banyak lagi yang lain. Hampir setiap daerah menyebutkan manfaat yang beda-beda. 

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer