Pohon Bila

Kalau dikampung saya Bontocani Bone Sulawesi  pohon bila biasa dijadikan sebagai obat penyakit gula dengan cara merebus daunnya lalu diminum. Bila ini memiliki buah seperti jeruk Bali, dahulu sebelum adanya ember atau baskom dijadikan sebagai tempat ambil air, tempat garam atau berbagai keperluan lainnya. Batang dan tangkai dijadikan sebagai pagar hidup. 
                       
Buah Maja yang memiliki nama ilmiayah Aegle marmelos atau didaerah Bugis/Makassar disebut bila. Famili dari pohon bila Rutaceae. Nama yang dikenal didunia adalah beel fruit, bael fruit atau wood apple. 

Petani biasanya menjadikan bila sebagai pestisida alami dan juga dijadikan campuran pembuatan pupuk organik. Dengan komposisi kimia yang banyak membuat isi dalam buahnya sangat baik untuk campuran pupuk organik. Dengan menggunakan maka tanaman akan menjadi subur. 

Disisi kesehatan bila bisa dijadikan sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Semua bagian tanaman memiliki khasiat yang bersifat antibiotika. Bagian tersebut adalah akar, batang dan daun. Bagian tersebut memiliki fungsi untuk mengobati gigitan ular. Disamping itu juga mengobati demam. Sementara itu kulit batang biasa dijadikan obat untuk jantung, stomakikum dan sedatif. Daun juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati bisul, kudis,borok, eksim, abortif dan radang selaput lendir. Buah juga sangat baik untuk mengobati disentri dan diare. Dan untuk yang mau menjadikan pengharum bisa diambil buahnya. 


Komentar

Postingan Populer